Home » » Bahaya Radiasi Handphone Terhadap kesehatan

Bahaya Radiasi Handphone Terhadap kesehatan

Posted by DWISMA.net on Selasa, 11 November 2014

Beberapa institusi menyatakan bahwa radiasi dari penggunan HP atau ponsel tidak berbahaya. Dan radiasi HP ini tergolong gelombang RF, tidak cukup berbahaya. Radiasi RF pada level tinggi dapat merusak jaringan tubuh. Radiasi RF mempunyai kemampuan untuk memanaskan  , seperti oven microwave untuk memanaskan makanan. Dan radiasi tersebut dapat merusak jaringan tubuh, karena tubuh kita tidak diperlengkapi sistem untuk mengantisipasi sejumlah panas berlebih akibat radiasi RF. Penelitian lain menunjukkan radiasi non-ionisasi (termasuk gelombang RF) menimbulkan efek jangka panjang.

 

Dampak dari radiasi handphone :
  1. Resiko kanker otak -Sering menelepon dengan ponsel berjam-jam? Atau sering meletakan handphone dekat kepala saat tidur?  Sebaiknya kebiasaan tersebut dirubah .karena, Badan Internasional penelitian kanker di Lyon, Paris mengatakan, intensitas menggunakan ponsel di sekitar area kepala dalam waktu lama, dapat memicu kemunculan zat penyebab kanker (karsinogenik) terutama kanker otak. Hal ini terjadi karena medan elektromagnetik yang berasal dari radiasi ponsel, diserap kepala dan kemudian diserap sel otak hingga mengenai DNA dalam sel.
  2. Memicu kanker payudara - Kebiasaan meletakan ponsel di saku seragam ternyata dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Radiasi  microwave sebuah ponsel akan langsung ke dalam jaringan lemak payudara.
  3. Risiko pada ibu hamil - Risiko pada ibu hamil Hasil penelitian menunjukkan bawha paparan radiasi pada ponsel dalam jangka tertentu bisa menyebabkan bayi yang lahir mengalami dampak negatif pada otaknya dan kemungkinan besar terkena resiko ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). ADHD merupakan gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitasnya cenderung berlebihan. Hasil penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti di Yale University yang mempelajari efek radiasi yang dihasilkan dari perangkat ponsel dengan melakukan percobaan pada tikus yang sedang hamil.
  4. Resiko pada anak laporan dari International EMF (Electromagnetic Field) Collaborative yang ditulis oleh kelompok peneliti internasional mengatakan bahwa adanya kemungkinan munculnya kanker akubat terstimulasi penggunaan ponsel, terlebih bagi anak-anak. Terry Svain dari Occupation and Enviromental Cancer Committee menyarankan kepada Anda agar lebih memberikan perhatian pada anak-anak yang menggunakan ponsel karena jaringan otak mereka masih dalam tahap perkembangan.


0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}